VRML Projects - UAJY

VRML

VRML adalah salah satu bahasa komputer untuk membuat model objek 3 dimensi dalam dunia virtual. Tidak hanya itu, untuk mensimulasi objek yang bergerakpun dapat dilakukan dengan VRML. Walau sebelumnya diperkirakan akan mati, tapi ternyata makin banyak aplikasi lain yang mengintegrasikan dukungan format file VRML. Harus diakui masih sedikit tool authoring yang mendukung penggenerasian VRML secara GUI. Mungkin ini salah satu sebab yang membuat orang jarang memakai VRML bagi proyek multimedianya. Namun di balik itu, di bidang pendidikan ternyata banyak proyek-proyek yang memanfaatkan VRML guna melakukan animasi atau verifikasi secara visual. Ini tentu saja tidak lepas dari multifungsi VRML, yang salah satunya memudahkan presentasi lewat media internet. Selain itu kemampuan VRML versi 2.0-nya yang mendukung bahasa skrip seperti ECMAScript (skrip VRML), Javascript dan Java memegang peranan sangat penting.

VRML? Apa itu?

Kalau Anda belum ngeh apa itu VRML, mungkin singkatannya dapat memberi sedikit ide, Virtual Reality Modeling Language, di mana untuk pertama kalinya tahun 1994 VRML versi pertamanya diperkenalkan. VRML, seperti halnya HTML adalah bahasa skrip dalam format teks polos (ASCII pada versi 1.0 ataupun utf8 pada versi 2.0). Bedanya VRML digunakan untuk menggambarkan scene 3 dimensi dalam ruangan virtual. Disebut ruangan virtual karena kita seakan-akan berada dalam ruangan yang bisa melihat objek 3D dari sudut pandang yang kita inginkan, tidak dengan berjalan kaki, tapi dengan memanfaatkan interface komputer dalam berinteraksi dengan monitor, seperti contohnya dengan menggunakan mouse.

atma

Proyek VRML Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta

November 12 th, 2008 by Anthony Kristanto H.

Download Cosmo Player Toolbars

PENTING! Untuk dapat melihat semua model - model simulasi yang ada pada web ini pengguna diwajibkan terlebih dahulu untuk menginstal Cosmo Player Toolbars. Untuk mendownload Cosmo Player Toolbars klik disini.

Simulasi Pemodelan Tata Ruang Kuliah Teknik Informatika UAJY

Pemodelan Tata Ruang Kuliah UAJY ini dibuat oleh saudara Anthony Kristanto Harsono / 4213 mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pemodelan tata ruang kuliah UAJY ini merupakan topik Tugas Akhir yang dipilih oleh saudara Anthony Kristanto Harsono untuk menyelesaikan proses perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Isi dari web Pemodelan Tata Ruang Kuliah UAJY meliputi pemodelan 3 dimensi ruang - ruang kuliah, laboratorium dan jadwal kuliah pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta Teknik Informatika. Untuk melihat web Pemodelan Tata Ruang Kuliah UAJY klik disini.

Simulasi Pencarian Ruang Kuliah Teknik Informatika UAJY

Simulasi Pencarian Ruang Kuliah Teknik Informatika UAJY ini dibuat oleh saudara Ignatius Franky Yustanto / 4220 mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Simulasi Pencarian Ruang Kuliah Teknik Informatika UAJY ini merupakan topik Tugas Akhir yang dipilih oleh saudara Ignatius Franky Yustanto untuk menyelesaikan proses perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk melihat web Simulasi Pencarian Ruang Kuliah Teknik Informatika UAJY klik disini.

Simulasi Perlintasan Kereta Api

Simulasi Perlintasan Kereta Api ini dibuat oleh saudara Andri Wahyu Saputro / 4212 mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Simulasi Perlintasan Kereta Api ini merupakan topik Tugas Akhir yang dipilih oleh saudara Andri Wahyu Saputro untuk menyelesaikan proses perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk melihat web Simulasi Perlintasan Kereta Api klik disini.

Simulasi Traffic Light

Simulasi Traffic Light ini dibuat oleh saudara Andreas Kristiyono / 4221 mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Simulasi Traffic Light ini merupakan topik Tugas Akhir yang dipilih oleh saudara Andreas Kristiyono untuk menyelesaikan proses perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk melihat web Simulasi Traffic Light klik disini.

Simulasi Pemodelan Pengenalan Obyek dalam Bahasa Inggris

Simulasi Pemodelan Pengenalan Obyek dalam Bahasa Inggris ini dibuat oleh saudari Fanny Chandra Kristina / 4325 mahasiswi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Simulasi Pemodelan Pengenalan Obyek dalam Bahasa Inggris ini merupakan topik Tugas Akhir yang dipilih oleh saudari Fanny Chandra Kristina untuk menyelesaikan proses perkuliahan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk melihat web Simulasi Pemodelan Pengenalan Obyek dalam Bahasa Inggris klik disini.

Dalam Web ini akan menampilkan model ruang kuliah secara 3 Dimensi, model laboratorium 3 Dimensi dan jadwal perkuliahan program studi teknik informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk pemodelan 3 Dimensinya, digunakan VRML (Virtual Reality Modeling Language) dengan bantuan Toolbars Cosmo Player.